Umat hindu jepara melakukan ritual di pantai bandengan

Umat hindu jepara melakukan ritual di pantai bandengan- Ratusan Umat Hindu di Jepara melakukan ritual Melasti yang digelar di Pantai Tirto Samudro, Bandengan minggu (6/3) .Ritual ini digelar untuk menyambut Hari Raya Nyepi yang jatuh tiga hari mendatang 9 maret.

Dalam ritual tersebut ratusan umat hindu mengenakan pakaian serba putih, Ritual di mulai dg membaca doa-doa, ritual dilanjutkan dg pemuka agama yg memercikan air suci ke badan yang dipercaya membawa berkah. Setelah itu, mereka mendapatkan beras kuning yang ditempelkan di sejumlah bagian tubuh masing-masing, mulai dari kepala, wajah, leher dan lainnya. Setelah itu dianjutkan dg ritual pelarungan sesaji ke tengah laut. Larung sesaji tersebut dimaksudkan untuk mensucikan diri jiwa dan raga umat manusia.

Dalam kepercayaan hindu upacara Melasti merupakan upacara untuk mensucikan diri dengan menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan yakni air laut. Biasanya ritual tersebut dilakukan 3 hari sebelum hari raya nyepi. Dan pada hari raya nyepinya umat hindu melakukan puasa Catur brata yaitu berupa, amati geni ( dg mematikan api ), amati karyo (tdk boleh bekerja), amati lelungan (tidak bepergian) dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang). Mayoritas umat hindu di jepara berada di desa plajan kecamatan pakis aji jepara.




0 Response to "Umat hindu jepara melakukan ritual di pantai bandengan"

Post a Comment